Curug 7 Cilember

Tetep judulnya gak mau rugi. Ada tanggal merah nyempil di hari sabtu, tepatnya 24 Mei 2013 kita manfaatin buat maen.Yihaaaa
               Tujuan kita kali ini adalah Curug 7 Cilember, Bogor. Yang menemani perjalanan gue kali ini tetep 2 orang yang sama. @riiadaffa, @rizkyapamularsi dan Luki brondongnya kiki (red: adeknya). Tadinya kita mau ke Cibereum di cibodas, tapi setelah dirapatin dan dirundingin sambil makan kwetiaw dan nahan boker #iyekz, akhirnya kita ngerubah tujuan ke Curug 7 Cilember.
               Ini kali ke-2  gue sama kiki melancong ke curug 7 Cilember . Pertama ke sana kita udah kesorean, Cuma berhenti di jalur menuju curug 2 dan akhirnya turun lagi basah – basahan di Curug 5. Untuk kali ini harus nyampe Curug 2.
               Kita berangkat pagi jam 6:00 start dari Kebon Nanas ber 4 dengan 2 motor. Jalur menuju puncak macet, maklum weekend. Sampe pada akhirnya kami tiba di alfamart deket perempatan menuju Curug Cilember. Setelah belanjain keperluan secukupnya buat bekalmaen nanti, akhirnya kita cabs lagi.
               Jalanan yang kita lewati kali ini cukup lenggang dan seger #ihiir. 20 menit kemudian kita nyampe Parkiran curug 7 cilember dengan kecepatan 40km/jam #duuh. Setelah sukses markirin motor, akhirnya kita melipir memulai perjalanan menuju curug.

Mariii Makan Dolooo

Sebelumnya kita beli tiket masuk dulu, harga tiket masuk Rp 13.000,-/orang naik seribu dari 4 bulan lalu edeeh. Belum 5 menit jalan udah teriak teriak kelaperan karna emang belom sempet sarapan. Akhirnya kita makan di warung di dekat gerbang masuk. Menu pilihan kita indomie telor, hehe. Antara ngirit sama takut gak memuaskan kalo mesen yang laen. Haha
               Kelar makan indomie telor pake nasi dan mastiin perut udah dapet asupan yang cukup. Kita memilih untuk memulai perjalanan. Harga indomie Rp 8000,-/mangkok (1 mangkok 1 bungkus yeee) kalo pake nasi ditambah Rp  5000,-. Sempet kepikiran mau jualan nasi aja di sini. Lumayan brooh, kaali aja bisa naik haji.
               Suasana menuju curug 7  Keren sih sebenernya, ada camping area, ada taman kupu – kupu ada saung-saungnya juga. Banyak taman bunga, cocok buat liburan keluarga dah pokonya. Tapi tujuan kita gak berakhir di sini. Gue  gak suka bunga kecuali edelweiss, gue juga gak minat masuk taman kupu-kupu, hehehe.

Curug 7 di belakang kita

10 menit jalan dari warung makan atau sekitar 15 menit dari gerbang  kita udah bisa nemuin Curug 7.  Ramee banget manusia – manusia berkecipakan air di sana. Gak sampe  5menit kami disini, itupun cuma motoin Peta menuju Curug 2. Ada panah menuju Curug 5 ke arah kanan, kamipun melipir ke kanan.
               Trek yang dilewatin adalah tangga batu dan cukup nanjak. Jalurnya sama kayak trek kandang batu – kandang badak  menuju Gunung Gede atau Pangrango Via Cibodas. Setelah 15menit engap - engapan nanjak dan padaakhirnya ketemu landai, tibalah kami dicurug 5. Disini masih cukup rame, ada warung didepannya.
Curug 5

Kami gak berlama – lama di sini, nusti nyebrangin aliran air curug 5 tibalak kami ditanah lapang deket warung. Ngebaca petujuk arah yang mengharuskan nanjak kea rah kanan, akhinya kami nanjak lagi.
               Jalur sekarang mulai sepi, Cuma ada kami ber4, 3 cewe dan 1 cowo brondong. Mulai foto – foto di tengah jalur. Karena dari awal udah didokrin buat gak foto-foto sebelum tiba dijalur ini. Sekitar 10 menit kami jalan dari Curug 5, ketemu rombongan basah-basahan yang katanya dari hasil wawancara baru aja dari Curug 4.
Engap..

Wees masih jauh, ada pertigaan, kalo lurus ke curug 4 dan kita memilih melipir ke arah kiri yang kami yakini menuju curug 2. Tiba di sini ketemu Jalur mengerikan #lebai. Treknya tanah, nanjak dan licin. Banyak bekas-bekas injakan juga. Dengan hati – hati kami ngelangkah, menggapai pohon-pohon terdekat. Dan 10 menit kemudian ketemu petunjuk arah lagi. Ke arah kanan menuju curug 3, ke arah kiri dan nanjak menuju curug 2.

Kami melipir ke kiri, jalur udah agak landai sekarang, semak- semaknya cukup rimbun. Berjalan sekitar 5 menit dari petunjuk arah tadi,kami ketemu rombongan lagi. Say helo sebentar kami kembali ngelanjutin perjalanan. Hingga akhirnya gemericik air udah terdengar. Dengn semangat kita ngelangkah dan tetap hati-hati karna trek licin, akhirnya tibalah kami di curug 2. Horeee

Estimasi waktu ya kami butuhkan sekitar 1 Jam menuju curug 2.
Pintu gerbang – curug 7 : 10 Menit
Curug 7 – Curug 5 : 15 Menit
Curug 5 – Curug 4 : 10 menit
Curug 4 – Curug 3 : 10 Menit
Curug 3 – Curug 2 : 15 Menit
               Di sini tenang dan damai, hanya ada kami ber4. Mau narsis gaya apapun cuma kami ber4 yang tau hahaha. Setelah bernarsis-narsis ria, makanin Roti Bakar yang udah kita bawa dari bawah. Tepat jam 12:15 kami mulai trekking turun.
             Ternyata trekking turun lebih seram dari trekking naek sodarah – sodarah. Blusukan di trek tanah dan licin. Minim pegangan juga, adanya rumpu-rumput rapuh. Kalo gak hati-hati mungkin bakalan jatoh dan ngebentur batu #amit-amit.

Dan dengan perjuangan ekstra juga waktu yanglebih lama dari pada naek tadi, tibalah ditrek yang cukup landai. Ketemu 2 orang arab yang tadinya mau naek tapi turun lagi karena ngeliat trek yang serem #maybe. Mereka ngoceh – ngoceh ke arah gue dan teman-teman dengan bahasa mereka yang gak kami ngerti. Ngeri takut diadzanin sama mereka akhirnya kita melipir menjauh.
             Sampe pada akhirnya kami tiba di trek mendekati curug 5. Udah mulai banyak sampah, kami mulai mungutin sampah. Sepanjang jalan nyemangatin orang- orang yang baru mau naek. Mungutin sampah yang dibuang sembarangan oleh orang – orang gak bertanggung jawab. Sampe pada akhirnya tibalah kami di curug 7. Tetep gak mampir karena masih rame bangeet..

Singatnya kami segera menuju parkiran yang sebelumnya sempet foto – foto di gerbang masuk. Setelah bayar parkir Rp 10.000,- /motor kami melanjutkan peralanan pulang. Blusukan menembus macetnya jalur puncak, hingga akhirnya menggigil kehujanan. 4 Jam kemudian kami sampe Tangerang juga.

Weesss perjalanan kali ini cukup menguras tenaga, latihan dikitlah buat ntar naek gunung lagi. Haha. Belom bisa maen ke gunung dulu sampe batas waktu yang gak bisa ditentukan.Jadi Curug Cilember cocok buat asupan gizi trekking 1 harian. :D.