Pangrango 3019 mdpl 12-14 April 2013

Pangrangoooo, oh pangrangoooo
               Udah lama banget kepengen ke pangrango. Setelah summit  gede kayaknya ada yang kurang kalo belum ke pangrango. Dan inilah saatnya..jreeeeng jreeeeeeng
               Gue dan Petualang Tangerang, kami ber 9. Memulai perjalanan dari terminal kalideres jumat 12 April 2013. Tentunya setelah rundingan dan persiapan yang  agak matang akhirnya kita sepakatin ngumpul di Terminal Kalideres. Ini pendakian pertama gue bareng mereka semua. Okesip
Gembel Kalideres

Busway di malam itu, 12 April 2013

Singkatnya gue ada di sana, dengan teman-teman baru. Tanpa Pacar dan selingkuhan gue pula (@Riiadaffa & @rizkyapamularsi), aku terdampar sendiri tak ada yang menemani #apadah ini. Nah kami bersembilan memulai perjalanan kami. Ngantri di halte Busway, dengan biaya Rp 3500/orang. Tujuan kami adalah ke Kampung rambutan.
               Setelah lama ngantri akhirnya busway yang ditunggu datang juga. Dempet-dempetan di busway dan kita berdiri. Untuk ke Kp rambutan via Busway dari Kalideres, kita musti transit 2 kali .Transit Pertama di Harmoni, dari harmoni naik busway jurusan PGC, dan turun di halte Bidara Cina. Dari sana kita naik Busway lagi dan langsung turun di halte terakhir Kp Rambutan.

Kp Rambutan, 13 April 2013 12:30am

Tiba di halte Kp. Rambutan kurang lebih sekitar jam setengah 12 malem, banyak calon pendaki yang ngumpul. Say Hello sebentar dengan mereka dan selanjutnya  kita ngampar di sana. Mesen indomie telor buat nahan laper. Maknyuuus!
               Jam setengah satu kita langsung capcus ke terminal luar. Dan Terminal kampung rambutan jadi lautan para pendaki. Ruamee sangat.
               Menunggu sekitar setengah jam, ada kernet bus yang teriak2 nawarin bus dengan tarif bus sampe cibodas Rp 15.000,-/orang. Tanpa mikir panjang  kita ber9 langsung rebutan naik ke dalam bus yang hampir penuh. Dan gak nyampe 10 menit busnya langsung penuh. Fiuuh. Bahkan ada yang kedapetan berdiri.
               Hampir jam 3:00 dini hari ketika kita tiba di cibodas. Sebelum meluncur ke Basecamp mampir ke Alfamart yang sangat dekat di tempat kita berada. Setelah melengkapi logistic dan daerah sekitar hampir sepi karena calon pendaki Gn GePang telah melipir ke Basecamp, kami ber9 langsung memulai perjalanan.
               Tadinya niat mau jalan kaki sampe basecamp, tapi niat hanyalah niat, gak mau kelamaan di jalan kita milih naek angkot. Setelah narik-narik orang yang jago bahasa sunda dan dapetlah si Guna Indra , akhirnya dilakukan penawaran tarif angkot. Dari hasil penawaran, per orang kena tarif Rp 5000,- di antar sampe basecamp.
               Ntah berapa lama, gue pun gak inget Tibalah kami di area basecamp. Melipir ke basecamp Green Ranger, yang ternyata rame sangat. Ada yang baru istirahat, adapula yang mau memulai pendakian.
               Singkatnya mata gue ngantuk, gue tidur dan gue gak tau yang lain ngapain. Jam 4:30pm gue kebangun karena keberisikan bang Joko dan si Guna. Yasudahlah. Bersih-bersih dan shalat subuh, gue ditawarin bang joko gelas yang katanya isinya kopi. Oke siip, dingin-dingin gini emang enaknya ngopi, tapi apa mau dikata, pas gue buka isinya Cuma bungkus kopi. -__-

Pendakian dimulai

Jam 7:00pm kita turun dari basecamp dan menemui bang Idhat buat ngurusin Simaksi. Ada sedikit masalah yang mengharuskan Gue sama si Guna Indra buat melipir duluan ke atas. Hasilnya kita berdua naek duluan dan yang lain nyusul.
            Trek Cibodas bebatuan dan banyak landainya, situasi di sana saat itu cukup rame. Gue juga nemuin anak-anak SD yang muncul di sana. Bukaaaan, bukan buat naek gunung, tapi mereka sepertinya bakalan melipir ke Air Terjun Cibereum.

Realita Hidup #fiuuh

Sebelum tiba di pertigaan, kita bakal melewati tangga batu, telaga biru (masih heran kenapa dinamain begitu, mengingat airnya ijo). Ketika tiba di pertigaan, lu bakal di kasih pilihan, lurus ke kanan atau melipir ke kiri. Lurus ke kanan adalah ke arah air terjun cibereum, ke kiri udah pasti jalur pendakian menuju Gunung Gede Pangrango.

Perut laper keroncongan, tapi kami ber9 nahan laper karena niat istirahat lama di kandang badak. Udah hampir 3 jam trekking akhirnya kita ketemu Air Panas. Rehat sebentar di sana dan ngemil. 20 menit kemudian kita menembus aliran Air Panas. Inget katanya ni Air Panas gak baik buat dikonsumsi karena ada campuran belerangnya.
               20 menit kemudian kami tiba di kandang Batu. Kandang batu luas dan dipilih sebagai Camping Area kalo kepepet. Haha. Tadinya udah mau tepar disana buat makan. Akhirnya di PHPin 15 menit lagi kita bakalan tiba di Kandang Badak.
               15 menit pertama nemuin trek nanjak , 15 menit kedua trek panjang dan air terjun yang gue gak tau namanya apa, 15 menit ketiga bener-bener PHP dan belum ketemu Kandang Badak. Sampe akhirnya dengan kelaperan karena belum sempat sarapan dan perjuangan yang cukup melelahkan trekking sambil nahan kebelet. Kurang lebih jam 1:30 kami tiba di Kandang Badak yang Masya Allah sangat rame sekali sodara sodara.
               Gak kebagian lapak, akhirnya melipir ke bawah ke arah hutan – hutan. Lempar keril. Yang cowok – cowok masang terpal .Gue bukain bungkus indomie, gue gak ahli dalam memasak si, hahai. Si Dayat dan si Yusuf ngebuktiin keahlian mereka masak nasi. SI Guna sama Dimas bikini minuman. Afdan sibuk ngurusin sepatunya yang kena ranjau, Bang Joko metikin Pete dari Kerilnya, Ibnu sama bang Ipul Cuma ngeliatin doing. Oke sip, selang berapa lama kemudian. Sarapan sekaligus makan siang yang gue harepin dengan berat hati terlaksana. NASI GAK MATENG WOI -___-
Gak punya foto asli -__-'

Tujuan kita adalah ngecamp di Mandalawangi dan jam 5:00 pm, oke sekali lagi jam 5:00 pm kita ngelanjutin perjalanan. Sumpah yee ini lama banget rehat di Kandang badaknya.
               Masih nemuin trek bebatuan, dan 15 menit kemudian kita di kasih pilihan ke Kanan atau ke Kiri. Ke Kiri adalah trek menuju Gunung Gede, ke kanan adalah menuju Gunung Pangrango. Jelas kita memilih yang kanan.
               Kali ini kita jalan urutan ber9. Manis sekali. Sampe pilihan rute tadi, gak ada lagi trek bebatuan. Yang gue temui adalah hutan dengan jalur yang sempit dan pohon-pohon tumbang. Hari udah mulai gelap. Dan gue benci trek malem. Duuuh
               Sampe ketika tiba di tanah agak lapang, tepatnya jam 5:45pm. Si Ibnu nasehatin kalo ketika magrib kita musti berenti jalan dan rehat. Akhirnya sebelum magrib kita udah duduk aja di tempat yang bisa didudukin. Sampe akhirnya sepakat lanjut jalan lagi jam 6:30 pm, yahelaaaaa.
               Bener aja, jam 6:30 kita mulai nanjak lagi. Jalur masih sama, jalur hutan yang sempit , nanjak dan banyak pohon-pohon tumbang. Ada cahaya-cahaya yang dikira lampu tenda ternyata bukan. Udah ngerasa jalan cukup jauh tapi gak nyampe-nyampe.

Terpisah, kedinginan dank kelaparan

Hingga pada akhirnya Gue, Dayat dan Ibnu ada di rombongan paling depan. Ketika kita ber3 terpisah sama rombongan yang lain yang ada di belakang. Ketika ngintip jam udah jam 9 Malem tapi puncak dan lembah mandalawangi belum kelihatan juga.
               Mata gue udah gak bisa diajak kerjasama, dan ternyata Ibnu sama Dayat ngerasain hal yang sama. Ke -6 teman yang lain gak terlihat, dan akhirnya kita mutusin buat nungguin mereka dengan tidur di jalur.
               Kita nyari tempat buat diriin tenda, tapi gak ketemu area yang cukup buat diriin tenda. Sampe pada akhirnya kita di sapa 2 orang yang sedang istirahat di jalur . Ternyata mereka juga terpisah rombongan. Akhirnya si dayat ngeluarin tendanya yang dijadiin alas karena area gak cukup buat diriin tenda. Gue ngeluarin matras dan sleeping bag. Ketika gue liat tas, di sana cuma ada air 350ml dan itu untuk ber3. Gak ada logistic sama sekali. Oke gue gak terlalu mikirin itu. Dengan kedinginan kita ber3 tidur dibungkus sleeping bag dengan beratapkan langit tanpa tenda. Kedinginan plus Kelaparan.
               Ntah jam berapa gue gak tau samar-samar gue denger tapak kaki dan ucapan permisi. Baru sadar ketika gue liat ibnu tidur di tengah jalur. Ada beberapa pendaki yang melewati kami. Gue ketiduran lagi. Sampe akhirnya gue bener-bener kebangun atau tepatnya dibangunin Dayat dan Ibnu, kami melihat sunrise di balik pepohonan. Subhanallah.
Sunrise dibalik pepohonan

Ngeluh gak punya apa-apa buat di makan dan ngekhayal mau minta makan sama teman yang ada di Lembah nanti. Dan tanpa diminta dua orang yang gak gue kenal namanya siapa ngasih kita 3 bungus kopi, dengan sumringah gue terima pemberiannya. Yihaaa. Gak lama gue bongkar keril dan gue nemuin roti. Roti sodara-sodara. Kita bahagia. Kita makan.
               Ada kompor juga dikeril gue, akhirnya kita nyedu kopi. 2 Cowok yang baik hati tadi pamit muncak duluan. Akhirnya sekitar jam 7:30 kita rapi- rapi. Lempar keril ke hutan karena udah males banget muncak bawa-bawa keril. Akhirnya dengan gue yang nenteng matras, Ibnu bawa daypack yang isinya kompor sama sisa roti dan Dayat bawa Kamera, kita mulai perjalanan. Tetep kepikiran sama 6 teman yang ntah gimana kabarnya.
               Treknya tanah dan nanjak terus. Tapi perjalanan kita singkat, sekitar 25 menit tanpa gue sadari udah tiba di Puncak Pangrango. Foto-foto sebentar dan kita lanjut  perjalanan ke Lembah mandalawangi, sekitar 15 menit dari Puncak Pangrango.
               Sedetik kami tiba di Lembah kasih, ada yang grasa grusu manggil kita. Ternyata rombogan 2 cowok baik hati tadi. Dengan sangat memaksa sekali, 1 dari mereka bawain sepiring nasi, sepiring penuh indomie dan segelas teh manis, Alhamdulillah ya Allah. Gak berlama-lama buat mikirin pemberian, kita bertiga saling lirik dan mulai nyantap tu makanan. Hahai
               Makanan habis gak nyampe 10 menit, kita langsung melipir cari sumber mata air buat menuhin persediaan air. Tiba di sana, ada beberapa temen Ibnu yang nawari makanan enak,akh andai gue gak tau malu, pasti udah gue iyain.
Gembel Mandalawangi

Setelah air penuh dan nyuciin piring orang. Kita balik lagi ke tempat rombongan 2 Cowo tak dikenal tadi. Duduk aja di sana gak kemana – mana. Mau foto-foto aja masih males karena masih mikirin 6 teman yang gak ada kabarnya. Sampe akhirnya ada yang manggil nama gue, dan ketika gue nengok ada si bang Joko, Yusuf, Guna, Dimas dan Afdan. Minus 1 orang yang katanya jagain tenda di bawah. Ternyata mereka tidur di jalur juga, tapi masih lebih enak karena bisa diriin tenda.Haha

Akhirnya setelah agak puas menggalau di lembah kasih, kami turun. Yaaah turun, perjalanan melipir turun biasa aja. Ngebut sih, ngebut. Berlama – lama rehat di kandang badak.  Masakin sarden yang keguyur air hujan, makanin nasi buatan bang Joko tapi mentah lagi. Duh bener-bener kurang gizi.
Lanjut  jalan lagi, kepleset-keplest, diguyur gerimis romantis, dan tiba di Basecamp jam 8 malem. Bersih-bersih, makan dan minum juga bertukar cerita. Dan tepat jam sebelas kita cabut dari Basecamp menuju tempat biasa nungguin bus.  Naik Bus AC Cibodas – Kp Rambutan Rp 20,000-. Nyampe Kp Rambutan naik Bus Jurusan merak Rp 10.000,- buat yang turun dicikokol. Daaan Jam 3 Pagi tiba di Tangerang, jam 3:30am nyampe di rumah dan tepar. Paginya sebagai karyawan yang teladan gue berangkat kerja, dan gak pake mandi. Wheheheh
Gak banyak foto-foto di sana, tapi gue sempat menitipkan salam rindu. Thanks untuk semua yang terlibat.