Di Atap 3142 mdpl #Merbabu

Tujuan perjalanan kami kali ini adalah MERBABU . Gunung Merbabu terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3142 mdpl. Gue pernah berkhayal kalo nanti punya anak mau gue namain Merbabu. Tapi akhirnya gue mikirin masa depannya, pasti suram banget tiap saat dipanggil "babu sini", "babu kamu udah bersihin empang?", "babu , babu, , ," masya Alah #khilaf.

Kami berenam dari Tangerang. 2 bulan sbelum brangkat,kita udah berburu tiket kereta api. Transportasi jarak jauh ternikmat itu ya naek kereta, Tadinya pengen naek Progo keberangkatan 8 Mei Malem, tapi apa mau dikata, syudah Ludes. adanya yang bisnis , gak cocok buat kantong gue dan teman2. whehe
          Singkatnya, setelah berlama-lama di Alfamart ngegerecokin kasirnya, dapetlah tiket PP Pasar Senen - Solo Jebres (Bengawan 37.000) dan Solo Jebres - Pasar Senen (Matarmaja 51.000). Kenapa memilih tujuan akhir Solo Jebres? Karena rencana pendakian menuju puncak merbabu adalah Via Selo. Dan kalian tauuu, 3 hari setelah beli tiket, ternyata harga tiket naek berkali-kali lipat. Beruntungnyaaaa. Gak kbayang, pasti mkir2 kalo mau jalan lg.hahaha #ngirit
          Sebelumya, gue mau ceritain sosok2 yang nemenin perjalanan gue kali ini
Para Manusia Kece di bulan Mei

Ada Ria pacar gue yang macho sejak kuliah, bela-belain buat bolos kerja buat pendakian kali ini #ups. Dan slanjutnya adalah si Kiki, selingkuhan gue yang kecil.
Terus ada manusia kriting , dia itu Kak Moses, anak gunung yang asal usulnya diketahui lahir dari muntahan kawah merapi #ampoon Haha. Dan Ka Giring, senior senat gue waktu masih ngampus, Orangnya Tinggi Gede #spik. Trus satu lagi Kak Surya, kalo kata Kak Moses si Kak Surya itu gak Punya Puser. Cuma gue blum buktiin sampe sekarang.

9 Mei 2013 H1 menuju Solo Jebres

Kami ber6 janji ketemu di kebon Nanas Tangerang. Ada masalah soal perKTPan, akhirnya gue sama kak giring berangkat duluan naik bis (P100 Rp 4000) menuju Pasar Senen. Ria dan Rizky nungguin Kak Moses sama Kak Surya ngambil KTP yang ketinggalan #duuh.
              Tujuan gue berangkat duluan buat nuker karcis alfamart dengan karcis asli. Dan kekhawatiran gue terbukti, antriannya puanjang banget. Kereta brangkat jam 13:00 dan jam 10:00 gue masih grasa grusu di antrian yang gue prediksiin 2 jam pun gak kelar. Pelajaran berharga, kalo mau nuker karcis mending jauh-jauh hari. Jangan pas hari H. Antriannya super panjang, beruntung kalo keburu, duuh.

Dan syukurlah, keberuntungan berpihak di gue, 2 jam gue ngantri. Tepat jam 12:00 gue pegang tiket yang asli, bertepatan sama tibanya 4 tmen gue yang nyusul dari Tangerang . Fiuh
Menanti Bengawan

KA. Bengawan, 9 Mei 2013
             Gak pernah bisa diem ketika di kereta, sampe bapak-bapak pada nengok risih ktika denger rombongan ketawa" gak jelas. Okee, gak slamanya batre full. Ada masanya juga bkalan ngantuk dan molor dikereta.
Si Bapak yang gak bisa tidur gara-gara kita

3 Srikandi gila

St. Solo Jebres , 10 Mei 2012 pukul 12:01 am
            Tepat jam 12:00 malam kereta tiba di stasiun Solo Jebres. Agak ngaret dari jadwal yang tertera. Dengan tampang kelaparan kita lempar keril dan duduk-duduk di stasiun. Kita berencana akan bermalam di stasiun. Karena transportasi telah punah dini hari begini. Sebelum tidur kita menyatukan Patimura dan Imam Bonjol alias patungan buat beli Makan, hasilnya tiga bungkus sate+lontong siap di santap.

Jam setengah satu malem masih ada sate weii :D
           Baru kali ini tidur di stasiun, dan sumpah gak Tenang banget. Selalu kebangun kaget tiap ada kereta lewat. Sumpah ya, apa kabar banyak orang yang tinggal di samping Rel kreta api? Bersabar ketenangannya terganggu oleh hiruk pikuk kereta.
              Jam 4:00 am kebangun lagi karena ada kereta yang berhenti tepat di depan gue. Matarmaja wei, gue stay cool dong, malu juga diliatin orang-orang yang lewat. Kalo aja ada kaleng di samping gue, pasti udah penuh (red:gelandangan berkaleng).

Siap Berangkat
            Singkatnya, setelah shalat Subuh dan rapi-rapi (red:buangin belek #iyekz). Kita cabs dari stasiun. Keluar stasiun belok kanan dan jalan kaki slama 15 menit. Nyebrangin jalan dan jalan lagi ke arah kanan. Di perempatan ketemu angkot kuning menuju Terminal Solo.
            Kami ber 7 kali ini, karna ada 1 tmen kiki yang nimbrung , namanya Komari asli Madiun. Akhirnya kami ber7  naek angkot menuju terminal Solo, perorang kena tarif Rp 2000,-. Untuk menuju ke Selo dari Terminal Solo musti menggunakan bus kecil jurusan Selo. Bus yang langsung ke Selo agak jarang, biasanya hanya sampai Pasar Cepogo, dan dari pasar Cepogo ganti lagi bus kecil yang menuju Selo.
          Beruntungnya ketika tiba di terminal selo, kita langsung ditawarin bus kecil jurusan Selo.
Tanpa pikir panjang langsung naek , tarif Rp 10000/orang

Narsis dalem bus kecil
                Sepanjang perjalanan disuguhi jalanan lenggang, gagahnya merapi merbabu dari kejauhan. Duuh. Tiba di pasar Cepogo, si MiniBus berhenti sekitar 20 menit. Kami pun turun dan belanja buat ngelengkapin logistik.

Narsis depan polsek
              Setelahnya, naik bus lagi dan perjalanan lanjut lagi hingga tiba di daerah Selo Cepogo. Tiba dsana langsung melipir ke kantor Polsek dan lapor dulu sama pak polisi. Sambil narsis2an gak Jelas.

Merapi reeek

Perjalanan di mulai. Baru Perjalanan bukan pendakian, wahaha. Jalan kaki dari polsek menuju basecam sepanjang kurang lebih 1KM. Bisa naek ojek si, bayar Rp 22.000,-. Tapi buat pemanasan pendakian jalan kaki lebih baik. (padahal mah ngirit). 1 jam kemudian dengan engap – engapan ditambah lagi terik matahari, kami tiba di basecamp Pak Parman. Yihaa Cuaca cerah sekaleee

Basecamp
Taman Nasional Gunung Merbabu, Via Selo

Tepat Jam 10:00 kami memulai pendakian. Dan sebelumnya gue nitip pesan buat seorang teman dari depok yang katanya mau nyusul. Sulit dapetin air bersih di jalur ini. Jadi kita musti bawa stock air yang cukup selama pendakian hingga turun nanti.
            Pendakian diawali dengan melewati daerah perkemahan yang cukup luas, hingga 20 menit kemudian kita masuk ke kawasan hutan, sampai di sini trek cukup landai. Seperti biasa, 10 menit pertama masih rombongan, 10 menit Kedua udah misah 3 kubu, 10menit ke 3 udah benar2 misah.
           Gue ada di rombongan depan, engap2an ngikutin langkah-langkah 2 cowo Tega, Kak Moses dan Kak Surya. Tapi trek masih enak, 1 jalur dan banyak landainya. 1,5 jam kemudian tiba di pos 1. Nungguin 3 teman yang lain, tepatnya pacar dan selingkuhan gue.

Pos 1, narsis selama nunggu
         Setelah pos satu dan akhirnya melewati Pos 2 Pandean, treknya jadi makin ajib . Treknya nanjak teruus. Dan gue harus menjadi saksi untuk banyak orang yang turun dengan cara kalo lagi maen perosotan. Singkatnya, ketika tiba di Watu Tulis, barulah Ria, rizky dan Komari muncul di depan gue. Menampilkan wajah2 lelahnya.
           Dan gak lama, muncul juga temen gue yang dari Depok si Yayenk di Watu Tulis, cukup dengan 2 jam dia udah bisa nyusul gue yang butuh 4 jam nangkring disitu nungguin rombongan. Buseet.
         Dari Watu tulis trek semakin melebar, area semakin meluas dan pas buat gue dan teman – teman tepar sebentar di sana memandang tetumbuhan edelweis yang tumbuh tinggi. Sayangnya saat itu belum begitu mekar. Tapi tetep Edelweis selalu terlihat indah di mata Gue.

Rest Area #spiik

Jam 4:30 kami tiba di Sabana 1. Kak moses , Kak Surya dan Kak Giring udah berhasil diriin Tenda ketika kami tiba. Gue pun langsung bongkar keril dan masak. Okeh, gue gegayaan masak nasi, nasi gue gak jadi. Lalerpun kagak mau nyicipin #anyep. Kalo gini caranya, lelaki mana yang mau sama gue #abaikan.

Koki Amatir

Kami gak menikmati malam, jam 8:00 udah berkurung di sleepingbag dan tidoor.
Jam 4:00am gue kebangun karena ada yang teriak2
A : " Horee Puncaaaaak "
B : " belum Woy baru Sabana 1"
Gue nyengir aja dengerin mereka. Gelisah gak bsa tidur lagi, melek sampe jam 5:00 dan keluar dari tenda. Liatin hamparan awan dan gagahnya merapi. Juga eloknya Sunrise, Subhanallah

Sunrise, Subhanallah
Gagahnya merapi

Komari

Ka Moses

Kak Surya
           Jam 6 gue dan teman2 balik ke tenda, nemuin teh anget. Duh ajib.
Mari Ngeteh
         Rapi-raphin segalanya buat persiapan summit attack, tepat jam 7 jalan ngebelah bukit PHP dimulai dari Sabana 1. Nanjaaak Terruuuus, Landai lagi. Nanjaaak Teroooos,Landai Lagi.
Bukit pertama Sabana 2, dari sini sejauh mata memandang hamparan Alam hijau, lautan awan dan bukit-bukit teletubies.

Perhatikan bukit yang di belakang. Masih ada 2 lagi #fiuh

Bukit Kedua Sabana 3, Disini gue dan teman – teman sempet rehat sebentar, Duduk – duduk berteduh di bawah rindangnya edelweis. Batang edelweisnya tinggi – tinggi euy.

Akan selalu nampak indah

Bukit Ketiga gunung Kenong (lupa dah apa namanya), Masya Allah, treknya nanjak terooos.
Membelah tiga sabana
Dan setelah dengan penuh perjuangan dan engap-engapanan. 1,5 jam kemudian tibalah kami di Puncak Trianggulasi. Melipir turun dan naik dari kanan trianggulasi, tibalah di Kentheng Songo. Subhanallah.
Puncak Kenteng Songo

Penunggu Kenteng Songo

Puas menatap ciptaan Allah dari ketinggian. Kamipun turun, sepanjang jalan gue dehidrasi. Air udah abis. Ngarep banget gerimis, hingga akhirnya gue mengap2 ngehirup kabut. Sereeet.
           Tiba di tenda grasa grusu kehabisan aer, dan pertolongan Allah slalu hadir di mana saja. Ada seseorang yang ngasih sebotol aer. Gak lama kak moses datang bawa aer lagi, ntah tu orang boleh minta dari mana. Tapi thanks buat mereka2 yang baik hati.
Dan perjalanan Turun itu PR banget, lari2 grusukan. Beberapa diantara rombongan gue malah maen perosotan. Bersyukur celana gak robek.
        Perjalanan trun lebih cepat, sekitan ± 2 jam dari Sabana 1. Hujan turun ketika perjalanan menuju basecamp. Kami di basecamp sampe sore. Sampe ktika kami siap tempur berburu kereta pukul 11 malam.
           Pukul 5 sore nyarter mobil dari basecamp pak parman Rp 150.000,- sampe Terminal boyolali. Lumayan patungan ber8 kena 19ribu/orang. Di terminal Boyolali di tawarin nyarter Rp 90.000,- hingga stasiun Solo Jebres. Harga segitu hasil penawaran si Komari, turun Rp 10.000,- dari patokan harga masnya. Akhirnya setuju buat nyarter, si Yayenk misah dari kita karna dia mau ke tempat temennya. Akhirnya kami ber7 sempil2an di avanza hingga tiba di Stasiun Solo Jebres pukul 20:00.
        Masih punya 3 jam hingga kereta tiba, ngabisin waktu buat mampir ke angkringan di dekat stasiun. Eddeeeh, makan gratis karna ada yang nraktir, nikmaat bener. Kak giring ulang tahun, jadi kecipratan berkah. Walopun musti rela juga nungguin dia beli celana karna kolornya pada basah gara2 pendakian.
     Dan akhirnya tepat jam 11 Malam kami berada di Matarmaja, bertolak menuju Jakarta. Lelah tak terasa yang tersisa hanya kenangan. Akan banyak hal yang gue rindukan. Salah satunya kembali pulang. Merbabu, we WiLL Come Back.