Papandayan lautan edelweis , 2622 Mdpl ; 21-23 Juni 2013


                Tujuan kita kali ini adalah menembus keindahan Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Perjalanan gue kali ini ditemani oleh mahkluk-mahkluk yang sama. Mereka adalah pacar-pacar gue Riia dan Rizky, lagi-lagi Kak Moses yang beberapa kali lalu protes soal pendeskripsian dirinya terlahir dari muntahan Kawah Gunung Merapi, juga ada Kak Apoy yang udah gue kenal ketika di kampus, selanjutnya si Kak Rahmat ‘Iyong’ yang Cuma menguasai 3 kata disetiap obrolan yakni “Gak tau” “Terserah” dan “Benga”, terakhir kak Andri yang badannya paling gede diantara kita semua.

Bapa-bapa Kece
                Beberapa hari Sebelum perjalanan dimulai kita selalu ngadain pertemuan singkat pembahasan teknisi pemberangkatan. Disepakatilah oleh segerintil orang, kami akan memulai perjalanan dari pasar induk poris.
                Singkatnya Gue , Ria dan Rizky udah ada di Pasar Induk Poris tepat jam 19:30, 21 Juni 2013 . Dan ini kebodohan besar, jangan pernah percayain soal waktu sama cowo, Mereka ngaret. Setelah nunggu hampir 2 jam, itupun musti muak digodai makhluk-makhluk yang ada disekitar Pasar Induk, akhirnya Kak Moses, Kak Andri dan Kak Apoy muncul nyengir-nyengir gak bersalah.
                Rencananya kita akan naek truk sayur menuju Garut, dan menurut informasi dari salah satu temen kak Moses truk sayur baru mulai beroperasi sekitar pukul jam 12 malam. Yahelaaa, nyesel gue udah muncul dari jam setengah 8 . Akhirnya selama nunggu jam 12 juga nungguin Kak rahmat, kita memilih nongkrong dulu di Taman sekitar Pasar Induk. Ngobrolin banyak hal yang gak penting, dan yang paling heboh adalah ngintipin orang pacaran. Astagfirullah .
                Setelah Kak Rahmat muncul, dan setelah tongkrongan kita dilewatin para bencong dan yang pacaran udah melipir pulang, akhirnya kita juga bangkit dan melipir ke dalam Pasar Induk menuju parkiran truk. Masih menunggu, dan sampe pada akhirnya truk yang gak diharepin bersedia ngangkut kita menuju garut.
                Kita sempil-sempilan di truk sayur, ada sekitar 10 Orang, 7 dari rombongan kita dan 3 yang lain gak gue mengerti. Akhirnya perjalanan menuju Garut di mulai pukul 1:00 dini hari.

Garut, 22 Juni 2013, Dingin menyengat


                Gue gak memahami apa yang terjadi disepanjang perjalanan karena gue kebanyakan tidur, kecuali kepala gue yang sakit ketekan keril. Sampe pada akhirnya gue bener-bener kebangun karena cuaca dingin yang menusuk. Hoaaaaaaamft, Welcome Garut.



Pom bensin dan Mesjid, Adeemnya Garuuuut
                 Akhirnya kita turun di Pom Bensin deket Gerbang selamat datang Kota Garut jam 06:00 pagi. Bayar truk Rp 15.000/org. Perjalanan belum berakhir, setelah bersih-bersih (red: cuci muka) kita naik Elf menuju cisurupan sekitar pukul 6:30. Tiba di Cisurupan sekitar pukul 7:15 dengan biaya Rp 55.000 (Dibagi 7Orang). Selama menunggu Pick up untuk menuju kaki gunung Papandayan, sempat melengkapi logistic di Alfamart terdekat dan beli makan untuk sarapan.
                Akhirnya setelah segalanya lengkap, tepat pukul 8:20 kami sumpel-sumpelan di pickup bersama rombongan lainnya. Jalanan menuju kaki gunung Papandayan agak menanjak dan banyak titik-titik yang berlobang. Cukup membuat pinggang sakit terbentur-bentur. Setelah melewati penderitaan ringan, tibalah kami di Basecamp sekitar pukul 9:00. Tarif Pick Up Rp 15.000/Orang.
trek jore'

kepengen motornyaaa

                Tiba disini langsung mindahin keril dan mangap-mangap ngeliatin keindahan papandayan. Kak Moses dan Kak Andri mengurus perizinan sementara yang lain asik foto-foto. Mereka tiba sesaat kemudian setelah perijinan beres,Tarif perijinan Rp 3000/orang.
papandayan cihuuy

                Kami sarapan dulu di sini, bersantai-santai dulu ngumpulin stamina sebelum memulai perjalanan. Sampe pada akhirnya tepat pukul 10:00 kami memulai perjalanan.

Perjalanan dimulai
                Seperti biasa untuk awal perjalanan masih rombongan, sampe pada menit kesekian masing-masing dari kami berjarak. Tapi gak masalah, karena pendakian diawali dengan trek pasir berkrikil yang jarak pandangnya hampir terlihat hingga hutan mati.
masih lengkap cuuy

hareudang

sejauh mata memandang

                Trek awal melewati area Belerang yang menyengat, terik matahari cukup menyengat karena trek pendakian tanpa perlindungan pohon-pohon atau tanaman apapun.  Sampe pada akhirnya pernafasan agak sedikit terganggu karena sengatan sulfur, tibalah gue di tanaman cantigi pertama setelah jalan cukup lama. Berlindung di balik tanaman bersama para cowok selama menunggu pacar-pacar gue muncul.
Narsis di cantigi pertama

                Setelah semuanya lengkap kembali dan tenggorokan udah cukup basah, kita ngelanjutin perjalanan lagi. 1 Jam terhitung dari basecamp tibalah kami di rerimbunan tanaman cantigi. Di sini Gue dan yang lain sepakat buat santai dan tidur kalo perlu, hahai. Narsis-narsis gak jelas, terlelap dan terbangun 1 jam kemudian.
view tempat molor kece

                Kami ngelanjutin perjalanan dengan agak terkantuk-kantuk, waktu menunjukkan pukul 12:00. Bisa dibayangin Matahari tepat diatas kepala, puanaaaaaas reek. Beberapa menit berjalanan, tibalah kami di area Hutan Mati yang menakjubkan, menghabiskan 10 menit disini untuk foto-foto.




                Setelah Hutan Mati kami melewati semi hutan, cukup rimbun dan cukup melindungi kami dari teriknya sengatan matahari. Dan 20menit terhitung dari Hutan Mati, tibalah kami di Pondok Saladah. Di sini biasanya para pendaki nge-Camp.
Semi Hutan menuju Pondok Saladah

                Jam 12:30, kali pertama gue udah tiba di tempat ngecamp, hahah. Biasanya sesorean atau menjelang malam. Kita berencana menuju tegal Alun menjelang Sunrise yang artinya masih bejam-jam lagi. Akhirnya beberapa jam ini kita nikmatin buat maen kartu setelah tenda udah tegak berdiri.
Edelweis Indah


Pondok Saladah

                Permaenan konyol, haha. Gue jadi yang paling jago diantara yang berani maen kartu #parah. Hukuman-hukuman konyol diciptain. Misalkan yang kalah musti nyuci nesting, yang kalah musti ambil air, atau yang kalah musti pake Bando dan terakhir yang kalah mukanya dicoreng – coreng pake bubuk kopi. Yang paling sering kalah si kak Rahmat, kentara sekali pasrahan, haha. Yang ketimpa sial pake Bando si kak Andri, eddddeh.
Berani lawan kami?

                Hingga menjelang malam, akhirnya gue sebagai wanita melakukan hal yang lebih bermartabat bareng ria dan risky, mulai masak makan malam. Kami bawa nasi dari bawah, kegagalan masak nasi di Merbabu bikin para cowo kaga percaya lagi sama kemampuan masak gue, ria dan risky, wkwkwkw.


masak cuuy

                Setelah makan, ngopi-ngopi dan ngobrol ngalor ngidul beberapa dari rombongan gue udah nyelip ke dalam SleepingBag masing-masing. Tinggal Gue, Kak Andri dan Kak Rahmat maen kartu sampe larut malam. Sampe pada akhirnya Gue dan yang lain mulai tidur.
                Jam 04:00 pagi alarm gue bunyi, gue kebangun kaget. Rencananya kita bakalan menyambut sunrise di Tegal alun. Tapi Manusia-manusia yang 1 tenda sama gue kaga ada yang bangun. Sampe pada akhirnya jam 5 lewat para cowo dengan males-malesan nanggepin teriakan-teriakan buat buru-buru menuju Tegal Alun.
                Ninggalin tenda dalam keadaan rapi , dan bawa cemilan juga 1 Liter air di satu daypack, kita melanjutkan perjalanan menuju Tegal Alun. 20 menit pertama kita ngelewatin hutan, trek kebanyakan landai dan sedikit menanjak. Sampe pada akhirnya ketemu Trek bebatuan 45°, di sini gue udah mulai manjat. Berhenti sebentar untuk menatap sunrise di belakang gue. 1 Jam terhitung dari Pondok Saladah, tibalah kami di Padang Edelweis Tegal Alun. Subhanallah.



                Menghabiskan Berpuluh-puluh menit di Tegal Alun, bernarsis-narsis menyenangkan. Gue dan teman-teman gak melanjutkan perjalanan ke Puncak karena kata mereka yang berpengalaman, Kaga ada Landmark papandayan sehingga puncaknya gak ketauan dimana.
Tegal Alun

Tegal Alun 2

                Setelah menghabiskan cukup banyak waktu di Tegal Alun, kamipun melipir turun menuju Pondok Saladah, waktu turun lebih cepat sekitar 45 menit. Tiba di sana, Gue, Ria dan Rizky masih melanjutkan foto-foto dan berhenti ketika ada yang neriakin minta kita masak.
                Singkatnya setelah kita makan, kita mulai packing untuk melanjutkan perjalanan turun. Jika Ketika Berangkat kita melewati jalur Baru yakni melewati Hutan Mati, Kali ini Kami melewati Jalur biasa. Menembus aliran sungai kecil, jurang- jurang disepanjang jalan, dan gersangnya cuaca kali itu.




Ketahuilah, papandayan bisa ditempuh dengan motor


                Area Sulfur yang gue lewatin kali ini lebih menyengat dibandingkan ketika perjalanan naik. Sempet ngebasahin masker, supaya pernafasan gue lebih nyaman. Debu-debu nusuk penglihatan, setelah melewati  penderitaan ringan ini, tibalah kami di Basecamp.


                Gue dan yang lain gak berlama-lama di sini, selang 15 menit setelah tiba di BC. Para cowo nego Pickup untuk tutun ke Cisurupan. Tarif Pickup Rp 15.000/orang. Kembali nangkring di PickUp dengan rombongan lain yang ntah dari mana, 45 menit kemudian Kami turun di Mesjid Cisurupan, dan bersih-bersih di Toilet mesjid yang cukup rame kali itu.
                Setelah siap, kami melanjutkan perjalanan menuju terminal Guntur. Menuju ke sana kami nyarter anglot seharga Rp 100.000 (untuk 7 orang). Tiba di Terminal Guntur, rehat sebentar buat cari makan. Sampe pada akhirnya , selesai makan kami langsung stay di Bus Garut-Kalideres. Tarif Rp 45.000/orang.
                Perjalanan menuju Kalideres masih oke ketika sampe pada akhirnya gue kebangun dari tidur gara-gara kecium bau plastic terbakar. Bus yang kami tumpangi sepertinya bermasalah. Bener aja, gak lama semua penumpang diturunin di Pom Bensin Tol Cikampek gegara bus gak bisa lanjutin perjalanan. Negerutu kesel karena  udah jam 9:00 malem, dan besok pagi-pagi udah musti kerja.
                Singkatnya gue dan teman-teman ada di Bus Ekonomi pengganti, bus yang udah full dan kita semua berdiri gak kebagian tempat duduk. Ngutuk dalem hati karena udah kesel banget, akhirnya gue memilih ngedeprok di tempat yang seharusnya dipake berdiri. Selama gue punya tempat buat tidur, bus sejelek apapun keliatan oke. Hha
                Dan setelah melewati kemacetan yang mengerikan *lebay*. Kami semua diturunin di jalan menuju terminal  Kp rambutan. Terkantuk-kantuk nyari transportasi menuju Kalideres, akhirnya kita nyarter angkot seharga Rp 110.000,-.
                Perjalanan Pulang lebih lama ketimbang naek gunung. Kami tiba di Kalideres pukul 1:00 dini hari. Nungguin angkot jurusan kotaBumi sekitar 30 menit sambil nyantap gorengan. Dan akhirnya tepat pukul 2:00 gue udah tiba dirumah dengan selamat begitupun yang lain. Menyisakan kepegelan luar biasa namun menyenangkan.
                Gue punya 5 jam istirahat untuk selanjutnya mulai kerja, tapi perjalanan kali ini emang bener-bener menghebohkan, menyenangkan dan pastinya menyisakan rindu. Terimakasih unuk keindahan alam ini dan terimakasih untuk yang menemani perjalanan gue kali ini. I Love You All.
Kebersamaan ini kurindukan

Komentar