Gunung Slamet

Stasiun Senen, Malam Itu 17 Oktober 2013

Malam itu, gue dan ke-9 temen gue duduk manis di depan dunkin donuts St Pasar Senen sambil nikmatin lontong. Alasan kita malem-malem di Stasiun bukan karena di usir dari rumah atau bersih-bersih stasiun, tapi gue dan temen-temen siap meluncur menuju Purbalingga menyambangi Gunung Slamet.
                Gunung Slamet dengan ketinggian 3428 Mdpl adalah gunung paling tinggi ke 2 di Jawa setelah gunung Semeru (Jawa Timur). Terletak di Jawa Tengah dan dikelilingi sedikitnya lima wilayah di provinsi Jawa Tengah seperti Brebes, Tegal, Pemalang, banyumas dan Purbalingga. Ada beberepa jalur yang bisa dilalui untuk mencapai puncak gunung slamet, seperti jalur Bambangan, Batu Raden, dan Guci.
                Dan pendakian kali ini kami berencana mendaki gunung Slamet melewati Jalur Bambangan. Untuk sampe ke Bambangan, kami pemuda-pemudi kece yang seluruhnya berdomisili dari Tangerang memanfaatkan kereta sebagai transportasi paling beruntung yang kedapetan penumpang-penumpang kece macam kita #yaelaa. Dialah Progo Ka Ekonomi Ac seharga Rp 50.000,- , keberangkatan pukul 22:00 WIB. Kita milih berangkat malem biar siangnya bisa cari duit dulu.
                Jam 21:00 kita udah masuk peron, tujuan akhir kereta Progo adalah Stasiun Lempuyangan. Dan tujuan akhir kita adalah stasiun Purwokerto. Dan sebelumnya gue bakalan kenalin rekan-rekan seperjalanan satu RT kali ini.
                Tentunya gak lain dia pacar jadi-jadian gue sejak kuliah, si Ria Dava Mau’sapu’lidi, trus si kriting Kota Ka Moses dengan slogan “tetep aja bau” disetiap akhir kalimat, si kriting Kabupaten Ka Iyong yang tetep aja “terserah” atau bebas” kalo ditanyain pendapatnya, Kak Ison yang keberangkatan menuju Gunung selalu penuh tipu daya ke istrinya kalo mau menggunung (belakangan alasannya mau tes CPNS), Kak Ibnu yang kalo ketawa lebih antusias dibandingkan yang laen, ada Kak Giring yang nganggep semua orang yang dia temuin adalah saudaranya (alasannya biar gampang minta-minta), Kak Apoy yang katanya menderita asam urat #yaelaaa, berikutnya Kak Echon pacarnya Kak Iyong, Terakhir Kak Uky pacarnya Kak Moses
Team Kece

Singkatnya kami tiba di stasiun Purwokerto pukul 03:40. Tempat pertama yang di cari adalah toilet dan selanjutnya mushalah. Menunggu subuh dan akhirnya shalat subuh, setelahnya Shalat subuh kami keluar stasiun. Untuk menuju kaki gunung slamet via bambangan, kita nyewa pickup seharga Rp 300.000,-menuju purbalingga. Lama perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam.
                Belum ada setengah perjalanan si mobil berenti, nurunin kita di depan warung gudeg. Akhirnya rame-rame  kita sarapan di sana. Sumpah gue gak suka gudeg , tapi karna laper gue makan aja. Setelah puas sarapan, kita ngelanjutin perjalanan. Udara masih segar di sini. Duduk dempet-dempetan di pickup sambil tidur-tidur ayam. Sekitar jam 7 pagi kami semua tiba di basecamp.
                Menghabiskan waktu untuk Re-packing, beberapa orang registrasi untuk pendakian. Biaya registrasi Rp 3000,-/orang, selain biaya registrasi, salah satu anggota tim musti ninggalin identitas asli. Cuaca kali itu cerah dan kering. Di basecamp pun minim air, sampe pada akhirnya mau cebok aje musti beli air Aqua #banyakduit. Ckckck. Team nyetok 20 botol aqua (Aernya juga ye) ukuran 1,5 liter dibagi ber-9 untuk persediaan selama pendakian naik dan turun.
Re-Packing

Pendakian dimulai jam 7:30 am. Trek pertama di dominasi dengan ladang penduduk, sedikit menanjak dan penuh kepulan debu karena saking kering dan panasnya cuaca. Melewati lapangan bola dan jajaran pohon cemara #sedep. Jarang ketemu bonus di sini ,padahal baru trek awal. Makin lama makin full tanjakan.

Seperti biasa kalo nanjak kubu-kubuan. Walaupun diteriakin masih kedengeran, tetep aja misah, dan gue dengan langkah keong berlalu sendirian dengan beban 60lt di punggung. Dan di sambut dengan kamera tibalah 1,5 jam kemudian di Pos 1
 Pos 1 ditandai dengan pondokan seng, dan ada landmark (P. Gemirung). Gue gak tau sejarahnya kenapa namanya jadi begitu ya, yang pasti ketika team udah ngumpul semua kita ngemil-ngemil roti dan foto-foto kece.

Dan setelah puas , pendakian dilanjutkan menuju pos 2. Dan treknya semakin menanjak didominasi dengan pohon-pohon besar dan full hutan. Dan setelah engap-engapan juga diikutin tawon ganjen, 2 jam kemudian tibalah di Pos 2 (P.Walang). Di Pos 2 pelataranya cukup luas, cukup lah buat ngediriin tenda 1 atau 2 kalo udah gak kuat-kuat amat trekking.

Sebentaran narsis di sana, kemudian mulai roling beban. Setelah itu kita melanjutkan pendakian menuju pos 3. Dan pendakian kali ini ditemani geluduk petir. Masih belum turun air dari langit dan jalur semakin nanjak tanpa ampun. Dan akhirnya 1,5 jam kemudian tibalah di Pos 3 (Cemara). Dan hutan Indah di kanan kiri.
                Gak lama di pos 3, kita melanjutkan pendakian menuju Pos 4 (Samarantu). Dan kali ini ditemani gerimis. Team memutuskan untuk tetap melanjutkan pendakian walopun dapet saran dari pendaki laen untuk berhenti. Dan sampe pada akhirnya, ketika perut gak lagi bisa diajak kompromi dan kabut mulai turun, team memutuskan membuat tenda darurat di pos bayangan.
                Cukup lama kita di sana menanti hujan reda , manfaatin waktu buat menghangatkan diri dengan kopi dan teh. Ngecek logistic juga dan ngedapetin telor udah pada pecah #yahelaa.  Dan sampe pada akhirnya hujan reda, team mulai packing lagi dan melanjutkan pendakian.
                Dan 30 menit kemudian tibalah di Pos 4. Saran dari pendaki-pendaki sebelumnya,jangan pernah nge-camp di Pos 4, hahah. Gak tau dah kenapa, berdasarkan mitos ya begitu, Samarantu ialah hantu samar-samar. Terus?
                Gak lama di Pos 4 kita melanjutkan lagi pendakian menuju Pos 5, pos tujuan untuk nge-camp.  Cuma ketemu 1 – 2 team doang selama pendakian, dan kali ini gue jalan paling depan. Manjat-manjat trek, ngelewatin pohon tumbang. Dan sampe pada akhirnya ketika gue udah semangat trekking, langkah gue terhenti karena gue ngeliat sesuatu yang bikin gue keder.
                Sesuatu itu adalah binatang yang gedenya ngelebihin body gue ataupun temen-temen gue. Gue gak tau itu apa , bodynya gede – Hitam -  Berbulu, gue Cuma bisa bilang klo itu beruang (Yang akhirnya diklaifikasi sama si Luki yang kerajinan nanya-nanya sama orang) dan ternyata itu bukan beruang tapi Babi  Hutan. Yaah sebodo, gue gak pernah tau Beruang atau Babi Hutan kayak gimana. Intinya binatang yang gue liat itu tetep gak ganteng dan nyeremin. Sepanjang perjalanan anak-anak pada mantau tapak kaki. Bodo Akh.
                Tapi parno aja gue selama perjalanan karna takut tiba-tiba tu binatang datang lagi dan nyeruduk satu diantara kita dan akhirnya tepat jam 16:30 tibalah kami di Pos 5 (P. Mata Air). Total lama pendakian dari Basecamp hingga Pos 5 kisaran 8 jam, maklum gue keong.
                Di Pos 5 gak ada team laen selain team kita. Pelataran di sini cukup luas, dan ada Pondokan Seng. Para cowok akhirnya ngediriin tenda di dalam pondok untuk meminimalisir hembusan angin yang emang kenceng banget. Dan jelas  karena ceweknya hanya ber-2, Gue sama Ria mulai masak apa aja yang bisa di masak.
                Langit makin gelap, semua ngumpul deket kompor. Dan gak lama muncul 2 pendaki dari Surabaya. 1 diantara mereka Cuma pake kaos tanpa lengan. Gak ngebayang gue gimana dinginnya. Pake jaket aja gue dingin banget. Jeeeeh
                Setelah puas makanin apapun yang bisa dimakan, team milih untuk tidur lebih awal. Karena Summit Attack bakalan dimulai di pagi buta. Oke Selamat Tidur.

Summit Attack, Pos 5 , 03:00 am
                Jam 3 pagi team udah bangun. Ngemilin roti dan re-packing di daypack kecil. Nyiapan air plus cemilan untuk summit attack. Dan tepat jam 3:30, kita memulai pendakian. Trek kali ini lebih menanjak dan pelit bonus. Makin tinggi makin sulit nafas. Gue lupa berapa lama waktu yang dibutuhin untuk mencapai pos 6 tapi ketika hutan makin renggang, gak lama tibalah kami di Pos 7.

sunrise mmuach

Dan subhanallah, Team tertahan sebentar di pos 7, menikmati sunrise yang luar biasa. Puas bermain-main dengan matahari. Team lanjut lagi dan nemuin terk yang full nanjak, tapi batas vegetasi gunung slamet semakin terlihat ketika tiba di Pos 8. Setelah Pos 8, alam didominasi dengan cantigi. Gak ada lai pohon-pohon tinggi yang bisa dijangkau. Hingga akhrnya kami tiba di Pos 9, Batas Vegetasi.
                Angin kencang mulai berasa dan trek berubah. Didominasi bebatuan yang gue ga tau namanya apa. Dan hanya Allah dan diri sendiri yang bisa membuat kita bertahan dijalur ini. Setiap pijakan nyiptain longsoran yang kadang  malah bisa ngebahayaiin diri sendiri sama team yang ada di bawah.
                Dan kadang kita pun harus merangkak untuk ngamanin gerakan yang seringkali ketiup angin kenceng. Kadang juga batu yang kita pegang malah lepas atau bahasa yang biasa gue denger itu “ranggas”. Pas berdiripun, body gak seimbang karna kencangnya hembusan angin.
                Dan akhirnya selama 2 jam berjuang di medan yang berat. Tibalah kami di puncak tertinggi Jawa Tengah. Subhanallah, memuaskan banget. Tapi anginnya tetep aja kenceng dan bikin keseimbangan tubuh agak terganggu. Hahahaha

Pendakian ter-Ok dengan rekan-rekan terbaik, gak lama di puncak kita memutuskan untuk turun. Perjalanan turun 2x lebih cepat dibandingkan naek. Tapi nyiptain longsoran yang lebih hebat pula. Si kak Ison bahkan bikin batu yang lumayan gede jatoh ngegelinding menuju gue sama kak Giring.
                Gak akan terlupakan, kekonyolannya, ketegangannya dan segalanya. Ketika turunpun keadaan semakin baik walau diguyur hujan ketika tiba di ladang. Tapi tetep penuh kenangan.
                Kami menginap 1 malam lagi di basecamp, ngabisin waktu buat maen kartu ditemani guyuran hujan di luar. Yaaah beruntung buat yang udah turun, gak ngebayang team laen yang baru memulai pendakian malam ini. Hujannya lumayan bikin kuyup dan kedinginan sepertinya.

Dan setelah waktu yang cepat sekali berlalu, dan setelah segalanya siap, besokannya kami pulang menuju Stasiun Tegal (Tadinya pengen turun lewat Guci tapi ada halangan). Nyewa pick-up seharga Rp 300.000,- diantar selamat sampe Stasiun Tegal J Jangan ditanya bagaimana bisa sampai ke rumah masing-masing di tangerang ke esokan harinya, karena yang terkenang di keluyuran kali ini adalah pendakiannya J