Jogjakarta (Part III) "Gunung Kidul - Goa Pindul dan Sungai Oyo"



                Yaaaah,, setelah puas becek-becekan gegara telusur Goa Gelatik, kini kami beralih ke destinasi selanjutnya yakni Body Rafting Goa Pindul.




            Perlengkapan yang dibutuhin untuk kegiatan kali ini adalah ban dalem gede. Ban dalem mobil kali, gue juga kaga paham, hho. Dan sumpah, kali itu Goa Pindul super rame. Kita ber-4 akhirnya ngikutin SIMBAH masuk ke air. Jadi kita duduk di atas ban dan arus tenang ngebawa kita menelusuri Goa Pindul.

naek ban rame-rame, duuh
 
                  Masih ngedengerin SIMBAH ngebahas sejarah ini goa, yang katanya stalaktit-stalaktit ini tumbuh 1cm setiap tahunnya, ngebayangin udah ribuan tahun lamanya mungkin ini Goa udah ada. Terus ada lagi tetesan air dari langit-langit goa yang katanya kalo muka kita ketetesan jadi makin cantik dan awet muda, hihih.
                Semakin jauh menelusuri semakin mempesona, airnya bener-bener bersih dan seger, belum lagi cahaya matahari yang menembus dinding-dinding goa yang berlubang (ga paham istilahnya). Kita ber-empat juga udah kayak artis dijepret-jepret terus sama SIMBAH.


SIMBAH Bilang Cahaya Surga, hihi

Mariii
             
                Dan hampir satu jam akhirnya kami keluar Goa di sisi yang bersebrangan dengan ketika kami masuk tadi.
                Dari sini kami di ajak SIMBAH menuju destinasi berikutnya, yaitu Sungai Oyo. Untuk menuju Sungai Oyo musti naik mobil dulu beberapa menit karna tempatnya lumayan jauh dari Goa-Goa yang kita sambangi tadi.

Kendaraan Menuju Sungai Oyo
                Dan masih nenteng-nenteng ban dalem, tibalah kami di tepi sungai. Kali ini awalnya lumayan ekstrem, hahah. Karena kita harus duduk di atas ban, dan arus yang lumayan deras ngebawa kita ke tengah sungai.
                  Muter-muter gak tentu arah ketika gue dilepas sama SIMBAH dari bibir sungai. Sampe akhirnya gue bisa stabil ketika nahan dri sendiri dengan pegangan sama batu. Anjrit bener-bener bikin deg-degan mengingat gue gak jago berenang dan sungainya cukup dalam.
                Kali ini terpapar langsung sinar matahari karena gak dilindungi lagi sama dinding Goa. Kali ini pemandangannya adalah tebing- tebing curam mempesona, dan jauh dari tepi sungai aliran air mulai tenang. SIMBAH masih bercerita tentang sejarah, tapi gue hanya bertanya untuk hal-hal yang pengen gue tau aja, hhe.

Telusur Sungai Oyo

Narsis
                Ditengah perjalanan, di kenalin sama SIMBAH tentang tebing melegenda, ahhaii. Jadi ada dua tebing yang cukup rata, yang bisa dipake untuk uji adrenalin. Tebing yang pertama setinggi 5 meter. Tebing yang kedua setinggi 9 meter.
                Gak lengkap kalo gak dimanfaatin buat loncat tebing. Akhirnya Gue, Mas Erik dan Mas Iwan (Ria gak ikut loncat karena katanya mah takut, hahah) mulai merangkak menaiki tebing yang paling tinggi, setinggi 9 meter.
                Dan parahnya ketika udah tiba di atas nyali gue ciut, berasa tinggi banget ini tebing apalagi pas ngeliat air tenang jauh di bawahnya. Orang-orang pada ngeliatin karena kala itu Cuma gue yang berjenis kelamin cewek yang ada di tebing yang paling tinggi itu. Wanita- wanita yang lain lebih milih yang 5 meter.  Dan gue rada-rada nyesel. Hahaha
                Sampe akhirnya disemangatin sama Mas jawa ini, Gue merem dan ngerentangin tangan. Tanpa piker panjang gue langsung loncat. Berasa bermenit-menit rasanya gue di udara ketika kaki gue lebih dulu ngehantam air. Menendang- nendang dan akhirnya gue timbul lagi ke permukaan. WOOOW, AMAZING, tubuh gue masih lengkap ko #lebai. Hahah
Aksi Mas Iwan

Malu sama pose sendiri

Aksi Mas Erik



                Setelahnya, kembali telusur sungai tenang dengan SIMBAH yang rajin banget motret. Tiba di bibir sungai yang bersebrangan,kita naik ke tepi dengan agak menggigil kedinginan karena berjam-jam di air. Dan Destinasi berikutnya kembali ke Kota Yogyakarta
 
                Dari Gunung Kidul kami di antar sampe kraton Jogjakarta. Tiba di sana udah sore banget. Padahal niatnya pengen mampir ke Kraton, tapi apa mau dikata kratonnya tutup. Dan kami memutuskan untuk mampir ke alun-alun kidul.
                Untuk menuju ke sana kami naek becak, 1 becak Rp 15.000,-. Berenti di dagadu untuk cari kaos-kaos oblong. Abang becaknya sabar banget nungguin kita. Haha. Dan ketika hari mulai gelap. Tibalah kami di Alun-alun Kidul.
                Di sana ada 2 beringin kembar, mitosnya kalo kita bisa jalan dengan mata tertutup melewati jalan diantara dua beringin itu, maka cita-cita kita akan tercapai.Tapi kita ga nyobain itu karena keburu lapar. Makan disekitaran alun-alun, dan Ria galau kerena keretanya bakalan berangkat menuju Surabaya jam 8:45 malem.
                Akhirnya kita gak berlama- lama di sana, sekitar jam 8 kurang kita memtuskan untuk kembali ke stasiun memburu kereta yang bakal ngebawa Ria ke Surabaya. Karena Gue, Mas Erik dan Mas Iwan mau ke Malang jadi kita misah kereta.
                Tapi apamau dikata, niat ke stasiun mau naik Becak atau Ojek, jalanan dari alun-alun kidul hingga kraton dan hingga malioboro itu padat merayap. Sama sekali gak ada jalan untuk becak ataupun ojek. Dan akhirnya dengan lari-lari kecil dan nabrak orang kami berempat menuju stasiun Tugu Yogja, biar Ria bisa naik ojek menuju lempuyangan dari sana.
                Waktu semakin mepet dan kehilangan jejak teman, mulai lari-lari dan nabrak orang lagi, nyaris nabrak kuda juga saking buru-burunya, Dan akhirnya ketika dengan engap-engapan tiba di stasiun Tugu, Ria udah menghilang duluan ntah kemana.
                Galau ngekhawatirin anak satu itu, 15 menit kemudian baru dapet kabar kalo dia udah nyampe stasiun lempuyangan dengan nak ojek dan sama sekali gak ketinggalan kereta. Syukur Alhamdulillah. Akhir perjalanan meninggalkan Yogya bikin was-was dan deg-degan. Hahah
                Dan berikutnya, Gue dan Ria akan ketemu lagi di Malang di hari berikutnya untuk explore beberapa tempat di Malang, yaitu Coban Talun dan Goa Cangar.

Komentar