Jogjakarta (Part I)

Sebagai pekerja, sedikit sekali waktu liburan yang bisa dimanfaatin buat maen jauh. Kalo sehari 2 hari bisa si gue bolos, haha. Tapi tetep aja agak kurang nikmat, mengingat kalo bolos gue bakalan kaga di bayar dan citra gue sebagai pekerja imut yang rajin tercoreng #halah. Dan pada akhirnya, berbulan – bulan sebelum saat itu tiba, gue dan sahabat-sahabat gue udah merencanakan bakalan melancong ke  Jogja , Malang , dan Gresik di Liburan Lebaran Idul Fitri 2013.

Preparation . . .
Destinasi utama adalah Jogjakarta :D Udah lama banget gue kepengen pergi ke sana. Ntah apa yang gue cari, salah satunya mungkin bakpia nikmat . slurft. Naah , karena destinasi pertama adalah Jogjakarta, H-90 sebelum keberangkatan kita berburu tiket kereta Pasar Senen – Jogjakarta.
Kepengennya gue itu naek Progo atau Bengawan, itu kereta Ekonomi AC menuju Jogja yang paling murah seharga Rp 90.000,- . Gue dan teman-teman gak sempet beli di H-90 karena masih di jalan pulang dari Merbabu. Besokannya baru kita hunting tiket di Alfamart, apa mau dikata tiket progo dan bengawan ludes, akhirnya kita beli Tiket Kereta Bisnis Senja Utama Jogja seharga Rp 145.000,- ( Pasar Senen – Tugu Yogja). Tiket Berangkat aman.
Destinasi terakhir adalah Malang, so untuk kepulangan kita menunggu H-90 berikutnya untuk hunting tiket kereta Malang-Jakarta. Dan tepat jam 00:01 di H-90 gue dan ria hunting tiket Matarmaja via website www.tiket.com juga www.paditrain.com , tapi koneksi internet bener-bener kacau. Sampe akhirnya kesel kita memilih buat tidur dulu. Singkatnya pas pagi gue pergi ke Alfamart, tiket kereta Malang-Jakarta udah ludes. Mateeeeee
Mau pulang naek apa? Pesawat Mahalnya gak kira-kira, gak ada tiket promo ditanggal yang kita pengenin. Naek bus pasti bakalan macet banget dan melelahkan. Sampe pada akhirnya sebulan menggalau, ada kereta api Tambahan Lebaran MatarmajaLeb dan dengan perjuangan yang cukup berat dapetlah kita tiket pulang Malang-Jakarta ditanggal yang kita pengenin (harga Rp 130.000,-).
H+1 , Jakarta menuju Jogja
                Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin Selamat idul fitri :D. Lebaran taun ini gue gak balik ke Bangka Belitung. Bukaaan, bukan karna gue di buang atau gak dianggep anak lagi, tapi keluarga gue pada datang ke Tangerang. So setelah salim-saliman , maaf-maafan, sun-sunan, gebuk-gebukan. Gue mulai packing, untuk keberangkatan gue besokannya.
Jadwal Senja Utama Jogja berangkat pukul 18:31. Akhirnya kita berangkat dari Tangerang menuju Pasar Senen jam 03:00 dengan bus ekonomi di cikokol (harga Rp 5000,-). Jakarta Lenggang cuuy, gak nyampe 1 jam kita udah tiba di pasar senen yang penuh sesak dengan orang yang masih minat buat mudik atau sekedar main.
Dan inilah saatnya, setelah shalat magrib di stasiun, Gue dan Ria dengan 2 daypack sesak (Rizky gak jadi ikut, pulang ke madiun) telah duduk di KA. Senja Utama Jogja di temani cemilan astor. Jogjakartaaaaa We Comiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing :D
Kapan lagi coba naek kereta bisnis. hihi
8 Jam perjalanan nyambut kita kali ini, beberapa jam kita manfaatin buat main kartu dengan tantangan-tantangan konyol :D dan setelahnya kita memilih tidur-tidur ayam  dengan posisi duduk yang agak kurang nyaman. Dan tepat pukul 03:00 dini hari KA. Senja Utama Yogya tiba di Stasiun Tugu Yogya. Angkat Tangan, ngulet, nguaaap dan mulai tebar pesona :D
Yogyakarta….
                Tiba dini hari begini menuntut  gue dan ria untuk tetep berada di stasiun dulu sampe subuh. Kita berdua nungguin 2 temen lagi dari Malang yang bakalan tiba di Tugu Yogjakarta jam 8:00 am. Sehabis shalat subuh gue dan ria  keluar stasiun, tujuan kita kali ini adalah menuju Tugu Jogja, Landmark Kota Yogjakarta.
Menurut survey Tugu Yogya berada di sebelah utara stasiun Tugu Yogjakarta. Dan mana gue tau utara sama selatan itu di mana mengingat kita berdua gak bawa kompas. Akhirnya keluar stasiun kita melipir ke arah kiri. Nyariin jalan malioboro yang gak tau ntah di mana. Tiba di ujung pintu keluar stasiun tugu gue sama ria ketemu Bule-bule ganteng bercarrier dan abang-abang becak. Percakapan konyol dimulai..
Bule : “ Malioboro street?” (Nunjuk kearah kanan)
Gue :  “yes.. yes” (sambil maenan hape mengingat gue juga kaga tau jalan malioboro dimana.)
Bule : (jalan ragu-ragu)
Ria : (Diem Aja ngikutin Gue)
Gue : (inisiatif nanya ke tukang becak) “Pak Jalan malioboro dimana?”
Tukang becak : “Di sana .. di sana “ (Nunjuk Ke Kiri rame rame)
Gue dan ria ngakak, Si Bule-Bule ngetawain gue . Gembeeeeel, bikin maluuuu. K
                Akhirnya tragedy penuh cinta tadi berakhir, si Bule pergi ngeduluin kita. Kita jalan pelan-pelan di belakangnya, berharap seumur hidup gak pernah mau lagi ketemu tu Bule.
Yogjakarta pagi itu adem, kita mulai melipir jam 5pagi menuju Tugu Jojgakarta, akhirnya kita nemu jalan yang tepat. Sebelah Utara itu sebelah kiri dari Stasiun Tugu Jogja, Menolak tawaran becak, kita memilih jalan kaki. Ini Judulnya olahraga pagi sih (spiiik).
Foto-foto disepanjang jalan menuju Tugu Jogja. Tiba di Tugu Yogjakarta mulai jeprat-jepret gak jelas. Katanya Tugu Yogyakarta indah dilihat di malam hari, kelip-kelip gitu kali yee. Sayangnya ketika kami tiba di sana, langit-langit udah cerah.
ria yang moto

samara yang moto
Puas foto-foto tanpa makan, Gue sama Ria balik arah, tujuan kali ini jalan santai di sepanjang jalan malioboro menuju Kraton Yogyakarta. Warung-warung disepanjang jalan malioboro udah buka. Kepengen sarapan tapi masih nungguin teman yang masih di jalan. Akhirnya kita Cuma berburu foto di sepanjang jalan. Sampe pada akhirnya ketemu Benteng Vredenberg dan kepengen banget mampir, ternyata baru mulai dibuka pukul 11:oo am

dipotoin orang

Berdiam lama di satu tempat jelas agak kurang nyaman, akhirnya kita mulai jalan lagi,penasaran sama alun-alun jogja yang katanya ada dua beringin kembar. Sampe pada akhirnya Gue sama Ria nyampe di Kraton Yogyakarta setelah 1 jam berjalan. Nyengir-nyengir gak jelas nyari-nyari si beringin yang ntah di mana, tiba-tiba henpon gue bunyi, teman dari malang udah nyampe stasiun dan minta kita buruan balik ke stasiun. Gembeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeel, baru juga nyampe .

Sepanjang jalan ngegerutu aja, belum juga ada harapan mau ketemu tu beringin kembar malah balik lagi ke stasiun. Akhirnya balik ke stasiun kita berdua milih naek becak. Tarif becak Rp 15.000,-/becak. Bisa keliling kemana lo mau, dianterin juga ke pusat oleh-oleh. Ihiiieeer. Sepanjang jalan masih sibuk foto-foto. Ya cuma bisa gitu.
mirip

Ga Mirip
Nyampe stasiun, mobil Jemputan menuju destination selanjutnya udah muncul di depan Gue dan Ria, dengan 2 cowok ganteng plus 1 supir kece. Gunung Kiduuuul, We Comiiiiiiing.